Sekolah Pascasarjana
Universitas Pancasila
Akreditasi Institusi
ISO 21001:2018

Prodi S2 Akuntansi

Ketua Program Studi Magister Akuntansi

Dr. Harnovinsah, S.E., M.Si., AK., CA., Cer.IPSAS., CMA., CSRS., CSRA.

Sekretaris Program Studi Magister Akuntansi

Dr. Shanti Lysandra, S.E., AK., MM., CA.

Tentang Prodi S2 Akuntansi

 

Magister Akuntansi adalah Program Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila dengan gelar Magister Akuntansi. Seiring dengan meningkatnya tuntutan publik dalam rangka mewujudkan Good Governance baik disektor Pemerintahan maupun Swasta, perlu tata kelola secara transparan, profesional, dan akuntabel khususnya bidang keuangan. Disamping hal tersebut diatas, untuk meningkatkan kinerja organisasi yang lebih baik sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang kompeten.

Untuk itu Program Studi Magister Akuntansi Universitas Pancasila (terakreditasi dengan peringkat “Baik Sekali” berdasarkan SK LAMEMBA No.008/DE/A.1/AR.10/IX/2022 tanggal 30 Semptember 2022), pada tahun 2007 Magister Akuntansi bekerjasama dengan Depdiknas, Bapennas dan Asian Development Bank membuka Program Magister Akuntansi dengan mengembangkan enam konsentrasi pilihan yaitu:

  • Akuntansi Perpajakan

  • Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan

  • Auditing dan Pelaporan Keuangan

  • Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal

  • Akuntansi Syariah

  • Akuntansi Pemerintahan/Pengawasan Keuangan Negara

Visi

Menjadi Program Studi Magister Akuntansi yang Unggul dan Terkemuka Berdasarkan Nilai- Nilai Luhur Pancasila.

Misi

Untuk mewujudkan visi Program Studi Magister Akuntansi sebagai Program Studi yang unggul dan terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, maka dirumuskan misi Program Studi Magister Akuntansi, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu dengan berdasarkan nilai-nilai luhur

  2. Mengembangkan Ilmu manajemen akuntansi yang unggul dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kemandirian

  3. Memberikan layanan pada masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing UMKM dan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki

    1. Sikap kritis, analitis, realistis dan religius serta responsif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan sesuai dengan bidang Akuntansi (akuntansi sektor publik/pemerintahan, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi pemeriksaan, akuntansi perpajakan, Auditing, serta akuntansi syariah)

    2. Kemampuan untuk menguasai teori dan aplikasi teori akuntansi serta mampu menganalisis implikasi ekonomi, sosial, dan keperilakuan berbasis

    3. Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital automatisasi dan artificial intelligent dalam ilmu

  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan teori bidang akuntansi dan keuangan serta aplikasi teori yang berstandar nasional dan internasional. Selain itu juga dilakukan publikasi ilmiah dalam jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional yang bereputasi.

  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai nilai-nilai luhur

  4. Menghasilkan sinergi pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi Dengan melalui kerjasama dengan institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri.