2022-09-15 Admin

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila

Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila (SPs UP) bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian  Pemerintah Kota Bogor melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertema "Membangun Ketahanan UKM dan Koperasi Pasca Pandemi" bertempat di Aula Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Kota Bogor (24/08).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan ketahanan UKM dan Kopersi pasca pandemi dimana COVID-19 sangat memberikan dampak besar pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pandemi memberikan dampak signifikan ke hampir seluruh sektor perekonomian di Indonesia, termasuk UMKM yang merupakan 99,9% dari seluruh entitas bisnis yang beroperasi di Indonesia dan menyerap 97% tenaga kerja. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini dihadiri para pelaku usaha UKM di Kota Bogor yang sangat antusias mengikuti acara ini hingga selasai. Acara Pengabdian kepada Masyarakat ini menghadirkan narasumber dan pembicara sebagai berikut; Dr. Derriawan, SE, MM., Dr. Ir. Mombang Sihite, MM., Prof. Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM, IPU, CMA, MSS., Dr. Ahmad Hidayat Sutawidjaya, SE, M.Com, CSCP, SCBA, SIMP, ASCA., Dr. Syahril Djaddang, SE, M.Si, Ak, CA., Dr. Shanti Lysandra, SE, Ak, MM, CA., Findita Ratna K, SP, MM., Susilawati, SE, M.Ak

Dalam seminar ini diadakan juga diskusi interaktif antara peserta dan narasumber, peserta terlihat aktif dalam mengikuti dan memberikan pertanyaan. Sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat  bagi institusi, mitra, pelaku usaha UKM dan masyarakat secara luas serta dapat berkelanjutan. Selain itu, pengetahuan dari materi yang diberikan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan langsung oleh UKM maupun Koperasi.